Jumat, 29 November 2013

Cara Menghubungkan Dua Buah Personal Komputer (PC) Menggunakan jaringan LAN



Sebelum kita menghubungkan dua buah PC tersebut, ada baiknya kalau kita terlebih dahulu mengetahui alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk menghubungkan kedua PC tersebut. 
Alat-alat yang dibutuhkan antara lain: Dua buah PC,Crimping Tool, konektor RJ45( jumlah sesuai kebutuhan),kabel UTP (ukran panjang sesuai kebutuhan), alat uji atau LAN tester dan gunting (apabila diperlukan).

 Crimping tool











LAN Tester

 kabel UTP dan konektor RJ45


Langkah-langkah menghubungkan kedua PC yaitu:
1)   Ambil kabel UTP lalu kupaslah bagian kulitnya menggunakan Crimping Tool sekitar 2-3 cm pada pada masing-masing ujung kabel hingga tampak kabel twisted pairnya.

2)   Setelah kabel twisted pair pada kabel UTP terlihat, lepaskan pilinan kabel twisted pair dan luruskan (jangan sampai bengkok).


3)   Urutkan warna kabel twisted pair dengan ketentuan warna  berikut:-Kabel UTP tipe Straight, yaitu kabel dengan urutan warna kabel twisted pairnya Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat.
–Kabel UTP tipe Cross, yaitu kabel yang memiliki urutan warna pada kabel twisted pairnya Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, dan Coklat.
Untuk menghubungkan 2 device yang berbeda kita bisa menggunakan kabel UTP dengan masing-masing sisi ujung yg berbeda (ex: tipe straight dengan tipe straight).
4)   Setelah kita selesai mengurutkan warna pada kabel, rapikan kabel hingga lurus dan berdekatan lalu masukkan ujung kabel twisted pair tersebut ke konektor.



5)   Jika kabel telah masuk ke konektor,rapikan sisi konektor menggunakan Crimping tool hingga terdengar bunyi “klik” agar kabel tidak bisa terlepas dari konektor. 

6)   Jika konektor telah rapi, uji kabel tersebut menggunakan LAN Tester dengan cara memasukan kedua ujung kabel pada LAN Tester.
Apabila kedua ujung kabel tersebut dapat saling terhubung, maka lampu LED pada LAN Tester seluruhnya dari 1 sampai 8 akan menyala. Namun, apabila salah satu dari lampu LED tersebut padam/tidak menyala berarti ada kesalahan terhadap  pemasangan kabel UTP anda. Untuk penggunaan kabel dengan kedua ujungnya bertipe sraight, lampu LED pada LAN Tester akan menyala secara urut dari 1 sampai 8 namun untuk kabel dengan kedua ujung bertipe berbeda (straight dan Cross) lampu LED pada LAN Tester akan menyala secara acak (LED 1&3,2&6,3&1,4&4,5&5,6&2,7&7,8&8).

7)   Jika  konektor telah terhubung dengan baik, masukkan salah satu  konektor ke PC dan sambungan konektor untuk PC lainnya.

8)   Setelah terhubung menggunakan kabel UTP,  arahkan 2 PC tersebut untuk masuk ke Control Panel, kemudian pilih Network and Internet, pilih lagi Network and Sharing Center, kemudian pilihlahChange Adapter Setting,
 lalu klik kanan pada Local Area Connection setelah itu pilih Properties .



9)  Lalu pilihlah Use the following IP address 


a.  Kemudian isilah kolom pertama 192.168.1.1 dimana angka 192.168. itu wajib diisi, kemudian angka pada posisi ke 3 setelah 168, harus diisi sama dengan PC pasangan kita. Dan untuk angka yang terakhir, kita bisa masukkan berapa saja namun harus berbeda dengan PC pasangan kita.
Terakhir klik OK


   10.) Setelah selesai menyetting IP address, kita uji koneksi LAN-nya.Setelah kedua PC sudah terkoneksi ke LAN melalui kabel dan telah memiliki IP address yang berbeda maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba apakah koneksi antar PC dapat dilakukan. Cara yang paling gampang dan sederhana adalah dengan melakukan proses “Ping” antar PC. “Ping” adalah semacam proses pengiriman sinyal pada sebuah PC dan jika PC target menerima sinyal yang kita kirim maka otomatis PC target akan meresponsebuah sinyal balik ke PC kita . Proses “Ping” dapat dilakukan melalui jendela Command Prompt (WIN) atau Console/Terminal(NIX)
mencoba untuk mensharing data antar dua PC melalui Local Area Connection  dengan cara klik kanan pada folder yang akan di sharing. lalu pilih properties dan pilih tab sharing.
kemudian pilih share
selamat mencobaaaa,,,,,,,,,,,, 



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar